Besi Beton - Menjual Macam-macam Besi Untuk Kebutuhan Proyek Anda
16938
page-template,page-template-full_width,page-template-full_width-php,page,page-id-16938,bridge-core-3.0.1,qodef-qi--no-touch,qi-addons-for-elementor-1.6.7,qode-page-transition-enabled,ajax_fade,page_not_loaded,,qode-theme-ver-28.7,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.8.0,vc_responsive,elementor-default,elementor-kit-8

Besi Beton

Besi beton atau baja tulangan (bahasa Ing- gris : reinforcing bar/rebar), dikenal ketika dipadatkan sebagai baja tulangan, adalah batang baja yang berbentuk menyerupai jala baja yang digunakan sebagai alat penekan pada beton bertulang dan struktur batu ber- tulang untuk memperkuat dan membantu beton di bawah tekanan.

 

Beton menjadi kuat di bawah kompresi, tetapi memiliki kekuatan tarik yang lemah. Besi beton secara signifikan meningkatkan kekuatan tarik struktur.

 

Permukaan besi beton sering berubah ben- tuk untuk memposisikan ikatan yang lebih baik dengan beton.

 

Besi beton di Indonesia dikelompokkan kedalam 2 jenis, yaitu baja tulangan polos dengan pengkodean BJTP dan baja tulan- gan sirip dengan pengkodean BJTS.

PENGGUNAAN

1. Bangunan

Secara umum, besi beton adalah komponen yang dipakai untuk menjadi rangka utama dalam susunan struktur sebuah bangunan. Dalam hal ini, struktur yang dimaksud adalah pondasi. Meski demikian, besi beton juga sering dijadikan komponen lain selain konstruksi struktural, tergantung kebutuhannya. Misalnya, dak beton yang juga membutuhkan peran besi beton sebagai penguat.

Pada bangunan yang tinggi, seperti rumah bertingkat hingga gedung pencakar langit, besi beton digunakan sebagai penguat struktur pada kolom beton, dinding, plat, sloof, dan lain sebagainya.

2. Jembatan

Dalam pembangunan jembatan, kegunaan besi beton lebih besar manfaatnya. Jembatan, sebagai sebuah media penghubung dua titik tentu saja memerlukan struktur beton yang kuat. Itu sebabnya, aplikasi besi beton adalah hal yang tidak boleh ditawar.

Untuk kebutuhan pembangunan jembatan, biasanya jenis besi beton yang dipakai adalah besi beton dengan ulir. Pasalnya, besi beton yang demikian dapat menyediakan sebuah ikatan yang kuat di antara tulang-tulangnya. Daya ikat dari ulir tersebut pun memiliki fungsi untuk meredam atau menahan berbagai gerakan dari batang terhadap bahan beton.

3. Terowongan

Terowongan biasanya memiliki objek konstruksi lain di atasnya. Sebut saja jalan raya bertingkat. Dengan demikian, kekuatan struktur terowongan juga harus maksimal. Seperti halnya jembatan, terowongan juga bisa memanfaatkan berbagai kelebihan besi beton dalam hal pendukung kekuatan struktur beton.

Selain itu, masih banyak lagi kegunaan dari besi beton untuk berbagai kebutuhan konstruksi. Seperti pembuatan viaduct alias jembatan antar lembah, sistem pengairan atau drainase dan irigasi, hingga bendungan. Beragam jenis konstruksi tersebut memanfaatkan keunggulan besi beton sebagai penguat struktur beton.

KEUNGGULAN

Berikut adalah beberapa kelebihan lain yang dimiliki oleh besi beton:

 

1. Kekuatan tinggi

Memiliki kekuatan tekan lebih tinggi jika dibandingkan dengan berbagai bahan struktural lainnya.

2. Tahan terhadap panas

Daya tahan terhadap panas tinggi, namun tetap kuat saat menghadapi air. Dengan demikian, besi beton membuat beton pondasi tetap berdiri kokoh meski dilahap api ataupun diterjang banjir besar.

3. Tahan lama

Pada kondisi umum, besi beton memiliki masa pakai yang sangat lama. Bahkan, adanya proses pemadatan pada material semen dan beton justru membuat struktur menjadi semakin kokoh.

4. Mudah dibentuk

Besi beton sangat mudah dibentuk menjadi aneka kerangka konstruksi. Seperti plat, kubah, kolom, balok, dan bentuk lainnya.

SPESIFIKASI

BESI BETON ULIR

BESI BETON POLOS

CONTOH PRODUK